POLING PENDAPAT TENTANG MINUMAN KERAS YANG
DILEGALKAN !
Mengajarkan anak tentang ideology itu sulit untuk
dijelaskan, artinya anak belum bisa menjelaskan mengenai hal-hal yang bersifat
abstrak apalagi tentang ilmu, termasuk dalam hal ini adalah maple PKn pada
materi Pancasila dan Ideologi.
Namun pada dasarnya mereka paham dan mengerti maksud
dari apa yang disampaikan oleh guru, akan tetapi mereka belum dapat
menggambarkan secara jelas dan terperinci tentang suatu hal yang ia pahami.
Hal ini akan saya praktikkan bersama siswa-siswi Mts
Walisongo Sidowangi kelas VIII.1, yaitu pada bab Pancasila sebagai Dasar Negara
dan pada materi ideology, siswa dan siswi saya suruh untuk mengomentari dan
memberikan tanggapan atas suatu pernyataan yang ditayangkan di televisi yaitu
TV ONE tentang minuman keras yang akan dijual bebas, anak-anak saya suruh untuk
berpikir apakah dengan melegalkan minuman keras tersebut bertentangan dengan
nilai-nilai Pancasila atau tidak ? dengan melihat gejala-gejala social,
anak-anak saya suruh untuk berpikir bebas dan menyampaikanya dalam kertas dan
dikumpulkan, sehingga anak-anak mampu berpikir obyektif terhadap apa yang
diketahuinya, artinya apa yang menjadi pengetahuan mereka sesuai dengan
kapasitasnya sebagai seorang siswa.
Tujuan saya menyampaikan tugas seperti ini adalah
agar siswa-siswi mampu berpikir secara ilmiah berdasarkan pengalaman dan
pengetahuanya dan menuliskanya dengan bentuk kata-kata, sebagai sebuah
pembelajaran tentang pentingnya ideology bagi sebuah bangsa dan Negara.
Sanggahan dan tanggapan siswa hasil wawancara di tv
0ne yang menayangkan siaran talk show tentang minuman keras yang dijual bebas
di toko-toko ! Bagaimana menurut anda ?
Inilah beberapa pendapat siswa-siswi MTs walisongo
sidowangi Kelas VIII.1 sejumlah 25 anak dari 75 anak seluruh kelas VIII.
NO
|
Nama Siswa
|
Pendapat siswa tentang Minuman
keras di jula bebas
|
||
Setuju
|
Tidak Setuju
|
Alasan, Tanggapan dan komentar
|
||
1
|
Achmad Basit Afifi
|
v
|
|
|
2
|
Aflakhul Khadhiqoh
|
v
|
|
|
3
|
Ahmad Fakih
|
v
|
|
|
4
|
Ahmad Nurofik
|
v
|
|
|
5
|
Albar Nafi' Nur Hidayat
|
v
|
|
|
6
|
Amanaturrrohmah
|
v
|
|
|
7
|
Ambarwati
|
v
|
|
|
8
|
Anita Nur Safitri
|
v
|
|
|
9
|
Eko Dian Purwoko
|
v
|
|
|
10
|
Endin
|
v
|
|
|
11
|
Fina Arfiyanti
|
v
|
|
|
12
|
Hanna Lestari
|
v
|
|
|
13
|
Hibatullah
|
v
|
|
|
14
|
Khamid Asy'ari
|
v
|
|
|
15
|
Latifatul Ulfa
|
v
|
|
|
16
|
Muhamad Fahrurrozi
|
v
|
|
|
17
|
Nur Mualifah
|
Tidak masuk sekolah
|
||
18
|
Qubailatul Fitriyah
|
v
|
Karena akan
merugikan pembeli dan membahayakan kesehatan tubuh. Serta jika meminumnya
akan menurunkan kinerja otak dan dilarang agama.
|
|
19
|
Setyo Budi Rohman
|
v
|
|
|
20
|
Siti makrifah
|
v
|
|
|
21
|
Siti Ma'rufah Assodiqoh
|
v
|
|
|
22
|
Tri Sutanti
|
v
|
Minuman
keras suatu hal yang ilegal dengan demikian pengedaran miras secara bebas
merupakan pelanggaran undang-undang, agama dan budaya yang dapat merusak
moral penerus bangsa Indonesia.
|
|
23
|
Umun Mu'aiminah
|
Tidak mengumpulkan
|
||
24
|
Uswatun Khasanah
|
Tidak mengumpulkan
|
||
25
|
Lutfan Zainal Arifin
|
v
|
|
|
0
|
22
|
Dari hasil poling pendapat siswa-siswi MTs Walisongo
Sidowangi kelas VIII.1 yaitu menjawab tidak setuju 22, 2 anak abstain, dan satu
siswa tidak masuk jadi hamper secara keseluruhan mereka tidak setuju dengan
adanya minuman keras yang diperjual belikan secara bebas !
Demikianlah, diantara contoh pembelajaran mata
pelajaran PKn kelas VIII semester Gasal Bab Pancasila sebagai dasar Negara dan materi
tentang Ideologi. Mungkin cara seperti ini dapat juga dipraktikkan pada mata
pelajaran lain.
No comments:
Post a Comment